Bagaimana sejarah awal mula kaos bisa dikenal
dikhalayak luas sampai saat ini tim pesan kaos akan membahasnya dalam sebuah artikel
ini. Yang mana memang pada zaman dahulu kaos belumlah popular seperti
zaman sekarang ini dan pada masa itu hanya digunakan sebagian kecil orang /
itupun juga dikalangan tentara Inggris dan Amerika. Jadi Kaos mulai dikenal awalnya saat
digunakan untuk lapisan pakaian dalam tentara di negara Inggris dan Amerika
pada abad 19 sampai awal abad 20. Konon masyarakat umum pada jaman itu masih belum
kenal / familiar dengan penggunaan kaos
untuk aktivitas sehari-hari dalam kehidupan mereka. Bahkan, para tentara saat
itu yang menggunakan kaos polosan
tidak ada desainnya ini pun hanya menggunakannya ketika udara panas yang bisa
membuat berkeringat atau aktivitas-aktivitas yang tidak menggunakan seragam.Nah
pada saat-saat itu saja penggunaan kaos dibutuhkan, yang sangat timpang dengan
kondisi saat ini, pada zaman sekarang hampir setiap hari, setiap saat manusia
hidup membutuhkan pakaian jenis kaos untuk digunakan sehari-hari.
Dapat dikatakan , keberadaan sejarah awal mula kaos yang dikenal oleh publik ataupun masyarakat luas sekarang dimulai ketika pemberitaaan media masa maupun elektronik yang mulai mengekspos penggunaa foto kaos di majalah maupun media mereka. Para tentara militer yang difoto mengenakan kaos telah memperkenalkan penggunaannya.
Dari hal-hal kecil tersebut jenis pakaian kaos mulai banyak dikenal publik.
Dapat dikatakan , keberadaan sejarah awal mula kaos yang dikenal oleh publik ataupun masyarakat luas sekarang dimulai ketika pemberitaaan media masa maupun elektronik yang mulai mengekspos penggunaa foto kaos di majalah maupun media mereka. Para tentara militer yang difoto mengenakan kaos telah memperkenalkan penggunaannya.
Dari hal-hal kecil tersebut jenis pakaian kaos mulai banyak dikenal publik.
Nama
lain dari kaos adalah T-shirt sedangkan Asal muasal nama inggrisnya, T-shirt,
tidak dapat diketahui pasti. Teori umum yang diterima adalah nama T-shirt
berasal dari bentuknya yang menyerupai huruf "T", atau di karenakan
pasukan tentara militer sering menggunakannya sebagai "training shirt"
Kehadiran T-Shirt dalam bentuk masif tiba saat dua film Hollywood beredar d Amerika Serikat. Film A Streetcar Named Desire (1951) yang dibintangi oleh Marlon Brando dan film Rebel Without A Cause (1995) yang dibintangi James Dean . Kedua film inilah yang akhirnya menjadikan kaos dan bentuk desain yang khas itu dihahadapan publik secara langsung dan momen ini juga yang memberikan gambaran baru tentang penggunaan T-Shirt sebagai pakaian luar, tidak hanya sebagai pakaian dalam.
Kehadiran T-Shirt dalam bentuk masif tiba saat dua film Hollywood beredar d Amerika Serikat. Film A Streetcar Named Desire (1951) yang dibintangi oleh Marlon Brando dan film Rebel Without A Cause (1995) yang dibintangi James Dean . Kedua film inilah yang akhirnya menjadikan kaos dan bentuk desain yang khas itu dihahadapan publik secara langsung dan momen ini juga yang memberikan gambaran baru tentang penggunaan T-Shirt sebagai pakaian luar, tidak hanya sebagai pakaian dalam.
Kaos
yang kemudian menjadi semacam
aktualisasi bagi si pemakainya, bisa diramalkan dan diperkirakan akan tetap
terus digemari sampai era kapanpun. Elemen desain yang sangat menarik dan penuh
maksud sangat berpeluang diminati masysrakat. Apalagi perkembangan dunia
konsumen yang sangat memanjakan aktualisasi pribadi. Siapa pun Anda,pemilik
usaha kaos, konsumen, pemilik perusahaan, manajeman band, atau siapapun, bisa
dengan mudah menunjukkan siapa diri Anda hanya dengan memakai T-Shirt atau kaos. Perkembangan kaos atau T-shirt menjadi sebuah
benda yang melekat pada si
pemakainya, biasanya memiliki arti tersendiri dalam desainnya baik
dalam desain gambar, bentuk kaos, atau tulisan.
Berbagai variasi kaos atau T-shirt yang
muncul adalah sebagai bentuk ekspresi identitas pemakainya. Setiap desain
tersebut memilki ciri khas masing – masing
dan memiliki sebuah identitas yang dikemas dalam gambar desain kaos tersebut.
Bahkan
kaos saat ini berkembang
dari cara penggunaannya, dari hanya sebagai pakaian biasa berubah ke media
promosi perusahaan, identitas seragam perusahaan, marchandise group, seragam instansi/komunitas,
tokoh tertentu, sampai kampanye partai politik, semuanya menggunakan media yang
satu ini, karena selain hemat budget juga sangat ampuh efeknya sebagai media
promosi dizaman sekarang.
![]() |
Sejarah awal mula kaos dan perkembangannya |
Dengan dukungan dari sisi ketersedian internet saat ini juga memberikan kontribusi yang sangat besar dalam perkembangan dunia garmen khususnya kaos, kini marak sekali usaha dibidang kaos sablon dengan mengusung tema / konsep masing-masing pebisnis. Diantaranya ada yang memiliki konsep kaos islami, motivasi, budaya, entrepreneurship dan masih banyak lainnya. Disisi vendor penyedia kaos hal ini merupakan peluang bisnis yang tidak bisa dianggap sepele karena dengan ramainya penjualan kaos dengan tema / konsep-konsep tadi akan memiliki kontribusi positif yang sangat besar bagi pihak produsen. Bagaimana apakah Anda tertarik menangkap peluang bisnis dari kebutuhan kaos atau T-Shrit yang kian bertambah besar, apabila memang iya sebaikanya perlu memahami terlebih dahulu disisi proses dan manajemen produksi kaos, agar apa yang sudah diputuskan tidak sia-sia dikemudian hari nanti dan akan berbuah manis dikemudian waktu. Sekian dulu pembahasan tentang sejarah awal mula kaos dan perkembangannya.