Cara Merawat Kaos Sablon Sesuai Jenis Bahan

Cara Merawat Kaos Sablon Sesuai Jenis Bahan - Pesankaos.biz.id
Kaos adalah pakaian santai yang diminati oleh semua masyarakat mulai dari anak – anak sampai orang dewasa sudah mengenal kaos, karena memang kaos merupakan  pakaian santai yang cukup diminati banyak orang, tak heran banyak orang memiliki kaos namun bingung cara merawat kaos dengan benar.

Beberapa kaos memiliki bahan dan jenis yang berbeda, jika anda memiliki kaos favorite yang menurut anda cocok dan nyaman digunakan dalam berbagai aktifitas santai anda.Tentu saja itu digunakan terus menerus namun jika anda salah merawatnya bisa saja karakteristik nyaman pada kaos anda berubah dan tentunya tidak nyaman lagi digunakan.Untuk itu anda harus memperhatikan cara m

encucinya jangan sampai kaos kesayangan anda rusak dan tak menarik lagi

Beberapa hal untuk mengetahui cara merawat kaos dengan benar perlu anda ketahui terlebih dahulu karakteristik bahan kaos yang anda miliki. Kita akan membahas karakteristik dan cara merawat kaos sablon dengan benar dan sesuai agar kita dapat menjaga kaos kesayangan kita, berikut karakteristik bahan beserta cara merawatnya

trik merawat kaos sablon, tips merawat kaos sablon
Cara Merawat Kaos Sablon Sesuai Jenis Bahan

1.    Kain Cotton
Jenis bahan yang berasal dari serat kapas, karakteristik kain cotton pada umumnya dapat menyerap keringat, memiliki kerapatan yang baik sehingga saat dicuci tidak  kisut dan pastinya mudah untuk di sablon.
-    Cara merawatnya : karena memiliki karakteristik yang menyerap keringat dan memiliki kerapatan yang baik maka dalam mencucinya haruslah mengetahui detergen yang digunakan dengan takaran yang cukup untuk membersihkan dan untuk mengeringkannya pada panas matahari yang cukup jika sudah terlihat kering pindahkan pada tempat yang lebih teduh agar tidak merusak karakteristik kain (kering)
2.    Kain Cotton Carded
Jenis bahan kaos yang cukup tipis dan terbuat juga dari serat kapas, karakteristik yang dimiliki kain cotton carded tipis, memiliki sisa – sisa kapas yang terlihat dalam kain karena cotton carded belum melewati masa finishing yang baik dan cukup menyengat keringat.
-    Cara merawatnya : memiliki karakteristik kain yang tipis dan terdapat sisa – sisa serat kaos yang ada pada kainnya untuk itu dibutuhkan perawatan yang cukup hati – hati untuk menghindari kerusakan kainnya, dalam mencucinya cukup menggunakan detergen dengan konsentrasi pelembut (softener) yang lebih banyak agar membuat karakteristik kain jadi lembut dan pastinya serat kapas yang ada dapat lembut dan nyaman dipakai.
3.    Kain Cotton Carded
Jenis bahan kaos yang tebal dari cotton carded dan tentunya terbuat dari serat kapas, karakteristik kainnya lembut dkarena sudah melewati finishing pembuatannya sehingga serat – serat kapasnya tidak terlihat kembali.Kain yang lumayan cukup tebal, sejuk digunakan dan menyerap kain yang cukup baik.
-    Cara merawatnya : memiliki karakteristik kain yang cukup tebal tentunya cara merawatnya lebih diperhatikan saat mencucinya untuk lebih menggunakkan detergen secukupnya yang memiliki surfaktan atau penghilang kotoran paling ampuh, dan saat ingin merapikan dengan disetrika sesuai panasnya agarserat – serat kainnya tidak rusak dan berubah menjadi kisut.
4.    Kain Lacoste
Jenis kaos yang digunakan untuk kaos polo atau berkerah, karakteristiknya cukup bagus dan jenis bahan yang satu ini cukup diminati banyak orang untuk kaos polo khususnya.Karena karakteristik kainnya tebal dan cukup nyaman digunakan.
-    Cara merawatnya : cukup mudah untuk merawat kain lacostekarena memiliki karakteristik diatas cotton, saat mencucinya hanya perlu memperhatikan saat membersihkannya (dengan sikat) jangan terlau keras jika dicuci secara manual .
5.    Kain PE (Poly Ester )
Jenis bahan kaos yang dibawah cotton karena karakteristiknya yang cukup rendah kualitas, secara bahannya sangat tipis dan tentunya memiliki karakteristik mudah kisut dan mudah luntur.
-    Cara merawatnya : karena karakteristik bahan dan jenisnya yang cukup lemah, maka dalam mencucinya anda perlu hati – hati alias tidak terlalu keras (jika dicuci manual) tapi jika pada mesin cuci anda hanya perlu mengatur kecepatannya dan takaran detergennya.Perlu juga diingat karena mudah luntur, lebih baik dipisah saja saat mencucinya.


Nah Itulah beberapa karakteristik dan cara merawat kaos secara efektif sesuai dengan karakteristik bahan dan jenis kaos yang digunakan.Semoga dapat bermanfaat buat anda yang ingin menjaga kaos kesayangan anda dengan baik